Bawaslu Kabupaten Pekalongan Lakukan Sosialisasi Rekrutmen Panwascam

KAJEN- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pekalongan melakukan sosialisasi terkait Rekrutmen Panwascam di Aula Bawaslu Kabupaten Pekalongan Kamis (15/9) siang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pekalongan Moh Dzul Fahmi, mengatakan, Bulan September Tahun 2022 ini memasuki tahapan perekrutan panwaslu kecamatan.

Bacaan Lainnya

“Sebelum tahapan perekrutan Panwascam dimulai, diwajibkan melakukan koordinasi dan ijin dengan Pemerintah Daerah. Sehingga dilakukan adanya pertemuannya kali ini,” katanya.

Sekda Kabupaten Pekalongan M Yulian Akbar mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan siap mengawal tahapan pemilu 2024 dan netralitas ASN di daerah dalam Pemilu sudah disosialisasikan.

“Saya meminta ruangan dan perlengkapan untuk pelayanan dan kegiatan administrasi Panwascam agar disiapkan oleh camat. Prinsipnya agar tidak mengganggu aktivitas pelayanan pokok yang ada di kecamatan. Faktor usia dan kesehatan calon anggota Panwascam agar diperhatikan, dan mohon setiap Camat untuk mendukung,” ucapnya.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pekalongan Nur Anis Kurlia mengatakan, per tanggal 15 September 2022, Bawaslu sudah mengumumkan Rekrutmen Panwascam melalui website dan medsos.

“Ada 3 orang dibutuhkan per masing-masing Panwascam. Masyarakat sekitar Kajen, sebelum diumumkan sudah banyak yang berminat,” katanya.

Pada tanggal 21 -27 September 2022 merupakan tahapan pendaftaran dan penyerahan berkas. Jadwal pendaftaran akan diperpanjang bila belum memenuhi kuota tanggal 2-8 Oktober 2022.


“Kuota harus ada unsur perempuan 30 persen dan minimal pendaftar 6 yang nantinya diambil 3 orang. Untuk pelaksanaan tes dilakukan melalui online dengan sistem gugur, sedang materi soal dari Bawaslu RI,” terang dia.

Sekretariat Panwascam diisi ASN kecamatan 2 orang, ditambah rekrutmen 5 orang non ASN.
“Persyaratan umur minimal 25 tahun dengan pendidikan SLTA, surat keterangan sehat dari Puskesmas sedang diusahakan gratis,” ucapnya.

Sementara itu Ka Bakesbangpol Kabupaten Pekalongan Haryanto Nugroho mengatakan, kepada para camat diharapkan agar mengawal secara serius tahapan rekrutmen Panwascam ini.

“Camat agar monitor pendaftaran sehingga tidak sampai terjadi perpanjangan pendaftaran, dengan cara aktif melihat kalender tahapan. Artinya untuk memastikan kuota pendaftaran terpenuhi,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *