Batu Gamelan, Dipukul Menghasilkan Suara Nyaring

  • Bagikan
penampakan salah satu batu gamelan di desa Toso Kecamatan Bandar Kabupaten Batang, Jumat (16/4/2021).

Batang – Berada di Dukuh Margosari, Desa Toso, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, terdapat gundukan batu-batu besar yang unik, warga sekitar menyebutnya batu gamelan.

Batu tersebut berjarak kurang lebih 3 km dari Desa Toso, salah satu keunikannya karena mampu mengeluarkan suara yang merdu seperti irama musik gamelan jika dipukul keras.

Gundukan batu-batu besar yang menempati area sekitar 600 meter persegi itu, tidak berbentuk seperti gamelan tetapi bisa mengeluarkan bunyi seperti gamelan pada umumnya, dengan nada yang berbeda-beda apabila dipukul dengan keras dan menghasilkan suara yang nyaring.

Menurut perangkat Desa Toso, Kecamatan Bandar Sapawi, Jum’at (16/4/2021) mengatakan, bahwa kedepannya pemda akan menata destinasi baru. Hal ini lebih untuk melestarikan kearifan lokal untuk mendukung kunjungan wisata Batang.

“keberadaan batu ini unik, karena bisa mengeluarkan bunyi seperti gamelan. Semoga bisa menjadi destinasi wisata dan memberi keuntungan bagi kemajuan desa,” tuturnya.

 

  • Bagikan