ASN Diajak Ngaji Setiap Jumat Selama Ramadhan

  • Bagikan
Pemkab Pekalongan mengadakan kegiatan Pengajian Ramadhan Jum’at Pagi bagi para ASN di lingkungan pemkab Pekalongan. Pengajian Ramadhan Jum’at pagi perdana, Jum’at (16/04) di aula lantai I Setda Kabupaten Pekalongan.

KAJEN – Selama bulan Ramadhan 1442 Hijriyah ini, Pemkab Pekalongan mengadakan kegiatan Pengajian Ramadhan Jum’at Pagi bagi para ASN di lingkungan pemkab Pekalongan.

Pengajian Ramadhan Jum’at pagi perdana, Jum’at (16/04) di aula lantai I Setda Kabupaten Pekalongan menghadirkan penceramah ustad Hadi Wibowo,S.Pd.I dari Kajen, dihadiri Penjabat (Pj)Sekda Ir. Bambang Irianto M.Si beserta para asisten, para kepala OPD serta para ASN. Pengajian dibuka oleh bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH.,M.Si.

Dalam sambutannya Bupati menerangkan bahwa ngaji merupakan hal penting karena wajib bagi kita semua untuk bekal supaya dalam setiap melangkah, baik ibadah yang bersifat personaliti maupun social, ada patokan yang sesuai dengan hukum.

“Saya berpesan kepada para ASN supaya tidak keliru, maka harus belajar (ngaji). Apalagi dalam konteks pengamalan agama. Agama ini tidak boleh menggunakan interpretasi sendiri karena agama merupakan wahyu sehingga harus ada pihak otoritas yang menunjukkan bahwa wahyu ini diimplementasikan dalam bentuk ibadah yang bisa dipertanggungjawabkan,” terang Bupati.

Selanjutnya dijelaskan bahwa pemegang otoritas domain keagamaan setelah para nabi, diselesaikan semua oleh para sahabat. Dan sekarang yang diakui menurut disiplin ilmu agama, pemegang otoritas untuk bisa menyampaikan wahyu secara benar, adalah para ulama.

“ Ulama adalah personifikasi yang melalui dua tahap. Pertama sudah melakukan proses tafaqquh fiddin (mendalami ilmu agama).Yang kedua setelah punya kapasitas keilmuan yang bisa dipertanggungjawabkan, harus punya jiwa kasih sayang sesama, dengan menunjukkan cara beribadah yang benar sesuai syareat yang betul-betul sesuai ajaran Nabi,” lanjutnya.

Bupati juga menegaskan pentingnya ngaji untuk memperdalam khasanah keilmuan dalam rangka mencari panduan yang bisa dipertanggungjawabkan .
“ Oleh karena itu dalam rangka memperteguh keilmuan kita, kita perlu belajar dengan siapapun yang mempunyai khasanah keilmuan jelas,” tegasnya.

  • Bagikan