Akan Dibuka, Dinprerindagkop UKM Gelar Sosialiasi Penataan Pedagang Pasar Kedungwuni

  • Bagikan

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil, Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Pekalongan melaksanakan kegiatan Sosialiasi Penataan Pedagang Pasar Kedungwuni yang berlangsung mulai Senen (22/3) sampai 5 April 2021 di Blok J Pasar Kedungwuni.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil, Menengah Kabupaten Pekalongan melalui Sekretaris Dinas Edy Prabowo mengatakan, sosialisasi ini merupakan road map atau peta jalan penataan Pasar Kedungwuni, utamanya tentang pembagian lapak dan bagaimana sistemnya. Sesuai Perbup pembagian lapak akan dilaksanakan dengan sistem undi.

“ini merupakan hal yang sangat ditunggu oleh pedagang, kapan pasar permanen ini akan mulai ditempati. Sudah hampir satu tahun tertunda dan ini akan sosialisasi terkait penataan. Setelah ini selesai maka proses selanjutnya semoga bisa ditempati secepatnya,” terangnya.

Menurutnya, Pemkab akan melaksanakan sosialisasi maraton hingga 5 April mendatang, dengan tiap tahap akan menghadirkan 50 orang berdasarkan jenis dagangan sehingga akan lebih memudahkan menyerap aspirasi dari berbagai jenis pedagang.

“semoga dalam penataan ini tidak ada gejolak atau permaslahan yang berarti sehingga pedagang bisa secepatnya meninggalkan pasar darurat,” pinta Edy.

Dijelaskan Edy, setelah melakukan zonasi, langkah selanjutnya yakni sosialisasi, kemudian akan dilanjutkan dengan pengundian lapak, serta pembuatan berita acara dan lainnya.

“jadi masih ada tahapan-tahapan lagi yang harus dijalankan, tidak serta-merta harus cepat selesai,” paparnya.

Edy menambahkan, untuk pedagang pasar Kedungwuni yang masuk data base sebanyak 1.934 termasuk pedagang tetap dan beceran, sehingga pedagang yang sudah masuk data itu yang akan diprioritaskan.

“kita akan fokus pada jumlah itu dulu, adapun nanti jika ada kelebihan akan dilakukan dengan sistem yang sudah ditentukan,” ujanrnya.

  • Bagikan