2021, PMI FOKUS PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19

KAJEN – Berkesempatan hadir dalam acara Musyawarah Kerja Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pekalongan, yang diselenggarakan pada hari ini, Rabu (3/2/2020) di Gedung PMI Kabupaten Pekalongan. Ketua Umum PMI yang sekaligus Wakil Bupati Pekalongan, Ir.Hj Arini Harimurti menyampaikan bahwa pada tahun 2021 ini PMI Kabupaten Pekalongan akan lebih memfokuskan kegiatannya pada upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19, yang sampai saat ini masih berlangsung.

Ia mengutarakan, bahwa hal tersebut sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan PMI Kabupaten Pekalongan dalam rangka menghadapi pandemic Covid-19 yaitu dengan meniadakan kegiatan yan melibatkan banyak orang, karena hal tersebut akan memicu penyebaran virus Covid-19 lebih parah lagi.

‘’Kami berkomitmen akan mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pekalongan dengan meminimalkan kegiatan yang melibatkan banyak orang,’’ tuturnya.

Selain itu, Ia mengatakan bahwa di tahun 2021 ini PMI Kabupaten Pekalongan juga akan melengkapi Unit Donor Darah yang dimilikinya dengan alat apheresis seharga 2 milyar. Menurutnya penggunaan alat apheresis tersebut, hasil pengambilan darahnya akan lebih berkualitas karena dapat digunakan untuk pasien yang mengalami kelaianan darah, pasiesn DBD, pasien kanker, pasien transplantasi, pasien operasi, terapi keganasan dan juga utamanya untuk pembuatan plasma konvalensen.

‘’Plasma konvalense yang diambil dari pasien sembuh Covid-19 berpotensi menjadi terapi aman untuk Covid-19. Hal ini merupakan terobosan PMI Kabupaten Pekalongan untuk menolong banyak pasien dengan alat ini,’’ jelasnya.

Ia melanjutkan, dengan adanya penggunaan alat apheresis tersebut, pelayanan PMI Kabupaten Pekalongan di tahun 2021 ini akan lebih meningkat sebagaimana tujuannya, yaitu mencegah dan menanggulangi penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Pekalongan.

Dalam kesempatanya ini, beliau juga menyampaikan pesan kepada para anggota PMI Kabupaten Pekalongan yang hadir, untuk tetap memedomani ketujuh prinsip dasar gerakan internasional Palang Merah dan Bulan Sabit, serta tetap menerapkan protocol kesehatan dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

‘’ Dan seluruh jajaran PMI saya berharap tetap menerapkan 3 M, serta melakukan edukasi Donor Darah dan turut melaksanakan promosi layanan klinik PMI agar masyarakat mengetahui kiprah PMI yang lebih baik,’’ pungkasnya. (Pekalonganberita,com)